Cara Mengatasi Sakit Perut Setelah Makan

Cara Mengatasi Sakit Perut Setelah MakanCara mengatasi sakit perut sehabis makan tergantung dari faktor yang mendasarinya. Tapi yang pastinya adalah sakit perut sehabis makan, besar kemungkinannya karena adanya gejala yang tidak beres dalam perut anda.

Dan untuk mengetahui dengan jelas mengenai penyebab sakit perut sehabis makan dan bagaimana cara mengatasinya, berikut pembahasannya.

Penyebab dan cara mengatasi sakit perut setelah makan

1. Gastroenteritis / Flu perut

Gastroenteritis atau flu perut dapat menyebabkan sakit perut setelah makan. Gastroenteritis ini sendiri terjadi ketika seluruh saluran pencernaan diserang oleh virus yang menyebabkan diare, sakit perut, muntah dan mual. Gejala ini bisa dirasakan sekitar 4 jam setelah selesai makan.

Untuk mencegah terjadinya gastroenteritis ini, jangan lupa untuk selalu mencuci tangan sebelum memegang makanan atau mengindari makanan yang kemungkinan kurang steril.

2. Intoleransi Laktosa

Laktosa adalah jenis gula yang banyak ditemukan dalam produk susu seperti susu. Jika seseorang intoleran terhadap laktosa intoleran tersebut berarti orang tersebut tidak memiliki enzim yang disebut laktase (enzim yang bertanggung jawab untuk mencerna gula).

Jika anda tidak toleran terhadap laktosa, hindari mengonsumsi produk yang mengandung produk makanan dan minuman yang mengandung laktosa.

3. Sakit maag

Ulkus adalah erosi dangkal pada lapisan lembut usus atau perut. Ketika perut mengalami borok, maka dapat menyebabkan sakit perut. Utamanya makanan yang bersifat asam.

Untuk mengobati borok penyebab maag tersebut , dibutuhkan nasihat medis yang mungkin akan meresepkan antibiotik yang akan menyembuhkan borok yang ada.

4. Penyakit Celiac

Penyakit Celiac adalah reaksi sistem kekebalan tubuh ketika kita sudah mengkonsumsi makanan yang bergluten ( protein yang hadir dalam kentang, daging segar, barley, gandum,dll).

Untuk menghindari masalah ini, cobalah lakukan diet yang bebas gluten (seperti beras, tapioka, jagung, tepung jagung, garut, dan bayam).

Pengobatan dan Pencegahan sakit perut setelah makan

Penggunaan obat-obatan seperti obat antibiotik digunakan untuk mengobati sakit perut normal. Namun untuk sakit perut setelah makan, anda perlu mengunjungi dokter untuk mengatasinya.

Dan sebagai tindakan preventif, hindari mengonsumsi produk makanan yang tidak sehat seperti makanan kemasan, makanan cepat saji dan bahan makanan yang sangat berminyak.

Cobalah untuk makan secara tepat waktu dan jangan melewatkan sarapan dan makan siang ataupun makan malam yang terlambat.