Penyebab dan Pengobatan Stroke Ringan

Penyebab dan Pengobatan Stroke RinganPenyebab stroke ringan (transient ischemic attack) mirip dengan stroke iskemik dimana sel-sel otak mengalami kekurangan pasokan oksigen dan nutrisi.

Hanya saja pada stroke ringan terjadi ketika salah satu bagian dari otak tidak atau kurang menerima aliran darah yang cukup (kira-kira kurang dari 30 menit ) sehingga mengarah ke gejala stroke.

Kurangnya pasokan oksigen dan nutrisi ini disebabkan oleh penyempitan pembuluh ataupun karena tersumbat akibat emboli atau trombosis.

Emboli ini sendiri terjadi ketika bekuan darah dari jaringan organ tubuh lainnya bergerak melalui pembuluh darah menuju ke leher atau otak sementara trombosis terjadi ketika terbentuk gumpalan darah dalam otak ataupun leher.

Nah, ketika gumpalan tersebut terus menumpuk dan membentuk plak pada pembuluh darah maka dapat meyebabkan penyempitan atau penyumbatan arteri. Dan pada kondisi ini sering disebut stenosis. Jadi dengan kata lain bahwa penyebab stroke ringan adalah karena emboli, trombosis ataupun karena stenosis.

“ Penyebab Emboli, trombosis dan stenosis serta gejalanya akan dibahas pada update berikutnya”.

Stroke ringan sebenarnya bisa dianggap peringatan stroke agar kita mulai mawas diri dalam meningkatkan kesehatan kita. Oleh karena itu, cukup penting juga untuk mengetahui bagaimana gejala stroke ringan jika terjadi pada diri kita.

Gejala stroke ringan

Gejala stroke ringan sendiri tergantung pada bagian otak yang terpengaruh. Pada individu yang menderita stroke ringan akan mengalami beberapa gejala seperti gangguan pada suara, vertigo, penglihatan ganda, kesulitan untuk bicara, ketidakmampuan untuk menulis atau menggunakan tangan, dll.

Sementara gejala umum stroke ringan lainnya dapat kita lihat seperti dibawah ini:
• Tiba-tiba sakit kepala parah tanpa ada alasan yang mendasarinya
• Tiba-tiba kesulitan untuk berjalan, kehilangan keseimbangan dan merasa pusing
• Mati rasa pada wajah, lengan atau kaki terutama pada satu sisi tubuh.

Pengobatan stroke ringan

Perawatan untuk stroke ringan sendiri biasanya ahli medis menggunakan obat pengencer darah yang mencegah pembekuan darah. Selain itu, pasien juga akan diberikan pengobatan untuk penyebab yang mendasari. Pasien juga biasanya disarankan untuk mengambil obat hipolipidemik, obat hipoglikemik, obat antiaritmia, dll untuk mengobati penyebab yang mendasari stroke tersebut.

Nah, demikianlah mengenai penyebab stroke ringan dan gejalanya diatas semoga ada manfaatnya dalam mencegah terjadinya stroke ringan pada diri kita.