Bentuk Pengobatan Kista pada Liver ( Kista Hati )

Bentuk Pengobatan Kista pada LiverKista hati adalah kantung tipis yang terdapat organ hati dimana kista ini dapat berupa kista hidatidosa dan kista neoplastik, dan bisa hadir dengan adanya gejala maupun tanpa gejala.

Dalam sebagian besar kasus pada kista yang tidak menunjukkan gejala, lesi kistik hanya kebetulan didiagnosis selama pemeriksaan medis rutin.

Namun pada kista yang besar, dapat menimbulkan pembengkakan atau nyeri pada kuadran kanan atas perut. Karena kista hati jinak tidak mengganggu fungsi hati, mungkin hal ini tidak memerlukan perawatan yang ekstensif. Namun, pengobatan sangat penting untuk kista yang terinfeksi ataupun pada kista yang berukuran besar.

Diagnosa dan Pengobatan

Obat-obatan dan intervensi bedah biasanya dibutuhkan jika seseorang didiagnosis dengan kista ganas. Dan Beberapa bentuk pengobatan untuk kasus kista ini dapat anda lihat seperti dibawah ini.

Seorang ahli medis umumnya melakukan prosedur pencitraan seperti Computed Tomography scan (CT scan) atau USG untuk mendapatkan diagnosa yang akurat. Sampel cairan dari kista dikumpulkan untuk dilakukan biopsi.

Operasi pengangkatan kista diperlukan jika kista dapat menyebabkan obstruksi empedu. Mengeluarkan cairan dari kista untuk mengurangi ukuran kista dengan melibatkan jarum suntik.

Meskipun pengeluaran cairan dapat mengurangi ukuran kista, namun cairan bisa mengisi kista kembali. Dan untuk mencegah hal ini, seorang dokter biasanya menyuntikkan zat sclerosant.

┬╗Penggunaan zat sclerosing juga digunakan dalam teknik lain yang digunakan untuk pengobatan kista hati. Metode ini disebut deroofing laparoskopi. Deroofing Laparoskopi dinding kista dilakukan dengan menggunakan laparoskop yang merupakan tabung serat optik yang fleksibel yang dilengkapi dengan cahaya dan kamera kecil di ujungnya.

Laparoskop ini dimasukkan ke dalam perut dengan melalui perlukaan kecil di kulit perut. Prosedur ini membantu dalam mencegah kista terisi cairan kembali. Jika kista tersebut ganas, dokter melakukan reseksi hati dan menghapus daerah yang terkena.