Gejala Stadium 2 Kanker Paru-Paru

Gejala Stadium 2 Kanker Paru-ParuDalam dunia medis, kanker paru-paru dibagi menjadi 4 tahapan, dan pada diagnosa stadium 2 dari kanker paru-paru ini masih memiiki harapan yang besar untuk sembuh jika segera mendapatkan pengobatan yang tepat serta perubahan gaya hidup yang sehat.

Oleh karena itu sangat penting artinya untuk mengetahui bagaimana gejala kanker paru-paru ini pada setiap tahapan.

Untuk menentukan stadium kanker paru-paru dengan mencari tahu posisi dan ukuran tumor, mencari tahu apakah kanker telah memasuki kelenjar getah bening atau bening serta mencari tahu apakah kanker telah menyebar ke bagian lain (bermetastasis).

Mengenai topik pembahasan mengenai “ Tahap 2 Kanker Paru-Paru” diatas, dari sisi prognosis dari Tahap 2 kanker paru-paru sudah pasti lebih ringan dibanding dengan pada stadium 3 atau stadium 4 dari kanker tersebut.

Pada tahapan 2 kanker paru-paru menunjukkan bahwa kanker masih belum menyebar ke bagian lain dari tubuh meskipun sudah menjalar ke kelenjar getah bening tapi masih memiliki harapan besar untuk sembuh.

Nah, gejala pada stadium 2 kanker paru-paru sangat penting diketahui sebelum terlambat untuk membuka peluang hidup dari pada kanker stadium lanjut. Dan beberapa gejala kanker paru-paru pada tahap 2 ini adalah:

– Batuk terus-menerus dan tidak sembuh setelah diobati dengan obat batuk kebanyakan.
– Kesulitan bernapas, dan adanya suara mengi saat bernafas.
– Suara serak saat berbicara.
– Batuk darah (hemoptisis).
– menderita bronkitis dan pneumonia.
– Nyeri tiba-tiba di dada, tenggorokan, paru-paru dan atau pada lengan.

Beberapa ganguan lain yang bisa dialami oleh penderita kanker paru-paru yang merujuk pada gejala kanker seperti kelelahan, depresi, kehilangan nafsu makan, penurunan berat badan dan nyeri yang tidak biasa dalam tubuh. Namun pada beberapa kasus, gejala kanker paru-paru ini tidak jelas kecuali dengan menggunakan sinar-X.

Pengobatan Tahap 2 Kanker Paru-Paru

Sifat dan ukuran kanker akan menentukan obat apa atau metode apa yang sesuai digunakan untuk mengatasinya. Sering kali seorang dokter melakukan kemoterapi dan terapi radiasi sebagai metode pengobatan, namun hanya sebatas untuk menghambat perkembangan selanjutnya dari sel kanker tersebut.

Metode Operasi akan direkomendasikan dalam kasus tentu jika kemungkinan seorang pasien diperkirakan memiliki kemampuan yang sangat tinggi untuk bertahan hidup.

Dan untuk lebih jelasnya, beberapa metode operasi pada pasien stadium 2 dapat kita lihat seperti dibawah ini:

– Lobektomi : Operasi atau bedah dengan mengangkat salah satu lobus dari dalam tubuh.
– Pneumonectomy: Ketika seluruh paru-paru dikeluarkan dari tubuh.
– Wedge Resection: Ketika hanya tumor dan jaringan sekitarnya dikeluarkan dari tubuh.

Masing-masing metode operasi tersebut memiliki komplikasi mereka sendiri dan kemungkinan efek sampingnya sehingga setiap kasus harus ditangani secara hati-hati.

Seseorang yang telah menjalani operasi yang sukses dapat mengharapkan untuk membuat pemulihan penuh meskipun mereka setelah sembuh dilarang untuk merokok lagi.

Kanker paru-paru adalah masalah yang sangat sensitif bagi semua individu, jadi bagi mereka yang telah didiagnosis menderita kanker paru-paru harus menjauhkan diri dari polusi udara, merokok dan juga harus mengubah gaya hidup dan kebiasaan hidup yang lebih sehat.