Gejala Kanker Paru-Paru pada Wanita

Gejala Kanker Paru pada WanitaGejala kanker paru-paru pada wanita di tahap awal cenderung diabaikan karena kehadiran gejala dari kanker paru-paru ini sering tidak terlalu menyakitkan padahal hal ini dapat membahayakan kesehatan jika terus dibiarkan.

Dan tahukah anda bahwa statistik menunjukkan wanita lebih rentan terhadap kanker paru-paru jika dibandingkan dengan pria dengan alasan yang tidak begitu jelas.

Sayangnya, kanker paru-paru hanya dapat didiagnosis ketika pada tahap yang sudah parah. Hal ini dikarenakan gejala awal dari kanker paru-paru ini sering disalahpahami ketika seseorang mengalami batuk dan menggigil dianggap hanya gangguan tenggorokan dan batuk biasa.

Oleh karena itu sangat penting bagi kita untuk mengetahui tentang gejala kanker paru-paru agar segera mendapatkan pengobatan pada tahap awal. Dan untuk mengetahui lebih lanjut gejala kanker paru-paru ini, berikut pembahasannya.

Gejala Kanker Paru pada Wanita

Batuk kronis

Batuk adalah salah satu tanda-tanda awal kanker paru-paru pada wanita. Batuk dapat terjadi secara terus-menerus baik siang atau dimalam hari. Inrtrnsitas batuk semakin memburuk seiring dengan peningkatan kanker.

Batuk kronis ini dapat kering ataupun berdahak. Dan kadang-kadang warna dahak terlihat merah muda karena adanya darah dalam dahak.

Sulit bernafas

Pernapasan masalah adalah juga tanda umum lain kanker paru-paru. Sesak napas yang dialami akibat penyumbatan pada saluran udara atau adanya cairan di paru-paru. Hal ini juga dapat menjadi indikasi adanya tumor di paru-paru.

Selain sesak nafas, mengi juga dapat terjadi ketika individu menderita gejala kanker paru-paru karena adanya pentumbatan pada saluran pernafasan.

Infeksi Pernapasan

Seorang wanita, dalam tahap awal kanker paru-paru sangat rentan terhadap infeksi pernafasan seperti pneumonia atau bronkitis.

Infeksi pernapasan ini terjadi karena lemahnya sistem imun tubuh akibat sel-sel kanker sehingga organ paru-paru kehilangan kemampuan untuk melawan infeksi virus dan bakteri.

Nyeri di dada

Penyebaran sel-sel kanker dapat menyebabkan peradangan pada paru-paru. Pembesaran tumor pada paru-paru juga dapat memicu rasa sakit atau nyeri disekitar dada. Selain itu batuk yang berlebihan dan kesulitan bernapas juga dapat menyebabkan nyeri di dada.

Penurunan berat badan

Pada kebanyakan wanita yang menderita kanker paru-paru akan kehilangan nafsu makan sehingga berat badan bisa turun secara drastis.

Perubahan suara menjadi serak

Perubahan suara menjadi terdengar serak ketika sel-sel kanker telah merusak sel saraf suara. Pertumbuhan dan perbesaran ukuran tumor juga menyebabkan tekanan pada saluran udara dan pita suara sehingga suara terdengar serak.

Gejala lainnya termasuk ketidakseimbangan hormon, ketidakstabilan neurologis, kehilangan memori, kehilangan penglihatan, wajah terlihat bengkak, dll adalah bagian lain dari gejala kanker paru-paru.

Nah, demikianlah gejala kanker paru-paru pada wanita diatas semoga menjadi informasi yang bermanfaat bagi kita semua.