4 Elemen Penting dalam Pelatihan Kebugaran

Cara Melakukan Fitnes  Latihan untuk kebugaran tubuh sangat penting artinya dalam meningkatkan kesehatan tubuh dan pikiran kita, dengan kata lain bahwa fitnes dan beberapa bentuk latihan tertentu dapat meningkatkan kesehatan fisik dan psokologi kita.

Dengan melakukan kebugaran tubuh secara rutin dan teratur akan memberikan sejumlah manfaat asal dilakukan sesuai dengan pedoman kebugaran dan sasaran yang akan dicapai.

Dalam melakukan kebugaran tubuh (fitnes), ada beberapa elemen penting untuk diperhatikan agar kegiatan kebugaran tubuh anda dapat memberikan manfaat yang maksimal.

4 Elemen Penting dalam Pelatihan Kebugaran

1. Latihan Pernapasan
Pernapasan merupakan faktor penting yang menentukan jumlah oksigen yang diambil oleh tubuh yang pada gilirannya memiliki dampak yang besar pada kesehatan tubuh secara keseluruhan.
Teknik pernapasan yang buruk dapat menghambat atau mengganggu kesehatan sekaligus dapat memperburuk penyakit yang sedang diderita.

Melakukan latihan pernafasan yang benar dan memadai merupakan salah satu elemen inti dari pelatihan kebugaran. Setiap melakukan latihan kebugaran, kita harus memiliki teknik pernapasan yang tepat. Pernapasan yang benar akan memastikan peningkatan efisiensi aliran oksigen ke organ jantung, paru-paru dan pada seluruh oragan tubuh lainnya.

Salah satu latihan pernafasan yang direkomendasikan adalah yoga. Sering melakukan yoga, tidak hanya mengajarkan teknik pernapasan yang benar, tetapi juga dapat meningkatkan volume pernapasan.

Teknik pernapasan dasar dengan menghirup dan menghembuskan udara dengan konsentrasi penuh dan fokus pada perjalanan udara masuk dan atau keluardari tubuh adalah cara terbaik untuk meningkatkan fungsi paru-paru dan serta memperlancar sirkulasi darah.

Latihan aerobik dalam latihan kebugaran juga membantu untuk fokus pada peningkatan volume pernapasan paru-paru. Anda dapat mencoba kegiatan aerobik seperti lari, jogging, bersepeda, berenang, menari atau bahkan aerobik air.

2. Kebugaran Otot
Kekuatan otot merupakan aspek penting dari pelatihan kebugaran yang membantu meningkatkan massa otot dan membakar kalori sekaligus mengurangi penimbunanlemak tubuh.
Manfaat lain dari latihan kebugaran otot adalah memperkuat inti otot baik pada otot perut, otot punggung bawah dan panggul.

Otot-otot inti ini berfungsi sebagai otot pendukung keseimbangan dan stabilitas tubuh. Proses untuk mencapai kebugaran otot mencakup pelatihan resistensi di mana anda perlu melatih otot-otot anda dengan latihan beban secara bertahap.

Dalam rangka untuk mencapai kekuatan otot disarankan bahwa seseorang harus mencoba untuk mengangkat beban yang diawali dengan beban ringan.

3. Fleksibilitas otot dan sendi
Fleksibilitas sendi dan otot dengan mudah dan tidak kaku sangat baik untuk kenyamanan anda. Untuk merilekskan otot-otot lengan, punggung, pinggul, paha, dan betis bisa menjadi fleksibel dapat dicapai dengan bantuan program pelatihan kebugaran.

Peregangan sebelum dan setelah latihan sangat membantu dalam meningkatkan fleksibilitas seseorang.

Kegiatan yang dapat anda coba untuk mendapatkan peregangan maksimum seperti yoga, tai chi, atau bahkan aktivitas yang menyenangkan seperti menari.

4. Kesehatan Emosional
Kesehatan emosional sama pentingnya dengan kebugaran fisik, dan kedua elemen ini seyogyanya berjalan seiring. Kesehatan emosional dapat didefinisikan sebagai keadaan kesejahteraan emosional dimana pikiran mampu menjauhkan dari pikiran negatif dan lebih fokus pada tugas kreatif dan konstruktif.

Pelatihan kebugaran (fitnes) juga mampu meningkatkan koordinasi antara tangan-mata. Sebuah program pelatihan kebugaran yang ideal sebaiknya mengarah pada pengembangan dari pikiran sadar dan waspada.

Latihan atau aktivitas fisik yang ketat seperti aerobik atau kick boxing dapat merangsang produksi endorfin ( Hormon kebahagiaan).

Hampir semua latihan atau kegiatan fisik aerobik sangat baik untuk kesehatan emosional. Yoga, aerobik, lari, jogging, kick boxing, tai chi adalah beberapa kegiatan yang dapat menyegarkan sekaligus cara untuk mencapai kebugaran emosional.