Kemungkinan Penyebab Nyeri Perut Kiri Bawah Pada Pria

Kemungkinan Penyebab Nyeri  Perut Kiri Bawah Pada PriaNyeri perut kiri bawah pada pria merupakan gangguan umum dari sistem pencernaan yang disebabkan oleh beberapa faktor yang mendasarinya.

Sakit perut atau nyeri lokal disekitar perut kiri bawah pada pria ini juga bisa mengisyaratkan beberapa masalah kesehatan yang serius, dan karena itu tidak boleh diabaikan.

Penyebab sakit perut disebelah bawah kiri pada pria yang relatif tidak berbahaya, seperti sembelit dan pengaruh gas. Terkadang juga karena komplikasi yang fatal seperti infeksi ginjal dan kanker usus besar.

Sementara rasa sakit akut pada sebagian kasus seringkali dirasakan dalam jangka waktu lama. Nah, untuk kondisi yang seperti ini, sebaiknya untuk berkonsultasi dengan ahli medis karena dikhawatirkan kemungkinan rasa sakit ini menjadi gejala medis yang tidak boleh dibiarkan berlarut-larut.

Dan kebanyakan ahli medis sangat sulit untuk mendiagnosa penyebab pasti dari nyeri perut kiri bawah kecuali jika rasa sakit tersebut disertai dengan beberapa gejala lainnya.

Penyebab Nyeri Perut Sebelah Kiri Bawah pada Pria

  • Penyakit radang usus

Penyakit radang usus, seperti penyakit Crohn dan kolitis ulserativa juga dapat memicu nyeri di daerah kiri bawah perut. Dalam kasus gangguan radang usus, sakit parah sering disertai dengan diare kronis, muntah, perdarahan rektum, dll.

  • Batu Ginjal

Salah satu penyebab yang paling menonjol dari sakit kronis di perut kiri bawah pada pria adalah adanya batu ginjal. Rasa nyeri ini dirasakan menjalar ke arah sisi dan perut bagian bawah terasa sangat sakit.

  • Divertikulitis

Divertikulitis adalah infeksi yang disebabkan karena pembentukan dari satu atau lebih divertikula dalam saluran pencernaan.

Divertikula adalah pembentukan kantong kecil yang bisa muncul diberbagai bagian dari sistem pencernaan, dan utamanya pada usus besar. Individu yang menderita kondisi ini juga mungkin mengalami nyeri di perut dan diserta kembung.

  • Kanker Colon

Meskipun kemungkinan relatif jarang terjadi, namun nyeri pada perut kiri bawah bisa juga karena terjadi karena gejala kanker usus besar namun biasanya disertai dengan beberapa gejala kanker usus besar lainnya seperti perdarahan rektum, kelelahan, ketidaknyamanan perut, dll.

  • Infeksi Ginjal

Selain batu ginjal, nyeri di daerah perut kiri bawah pria juga dapat dikaitkan dengan infeksi ginjal. Infeksi tersebut biasanya dimulai dari kandung kemih menjalar ke ginjal. Selain sakit parah di perut, infeksi ginjal juga ditandai dengan sering buang air kecil, sensasi terbakar saat kencing, hematuria, dll.

  • Cystitis

Cystitis pada dasarnya adalah gangguan saluran kemih, biasanya ditandai dengan peradangan kandung kemih akibat infeksi bakteri. Selain rasa sakit yang parah pada perut bagian bawah, gejala kondisi ini termasuk sering ingin buang air kecil, sensasi terbakar di saluran kemih dan ketidaknyamanan di daerah pinggul.

  • Kondisi lain

Selain dari beberapa kemungkinan penyebab sakit atau nyeri perut sebelah kiri bawah perut pada pria diatas, terkadang pula nyeri tersebut dapat disebabkan oleh kondisi medis lainnya seperti pembesaran prostat, sembelit maupun karena keracunan makanan.

Nah demikianlah beberapa kemungkinan penyebab rasa sakit pada perut sebelah kiri bawah pria tersebut diatas, semoga bisa menjadi petunjuk bagi anda untuk memastikan penyebab nyeri yang anda alami.