Penyebab Gangguan Kuku Pada Anak-Anak

Penyebab Gangguan Kuku Pada Anak-AnakMasalah atau gangguan kuku pada anak-anak yang terkait dengan bentuk, warna, tekstur dan ketebalan kuku merupakan gangguan kuku yang sering dialami pada seusia anak-anak.

Kuku yang sehat merupakan indikasi kesehatan yang baik pula. Namun, jika kuku anak yang tidak terlihat normal atau sehat maka kemungkinan akan adanya sesuatu yang salah dengan kesehatan anak anda.

Ada beberapa penyebab masalah kuku pada anak-anak seperti infeksi jamur atau bakteri ataupun karena cedera. Hal ini pula bisa menjadi tanda atau gejala dari beberapa penyakit yang belum terdeteksi.

Gangguan Kuku Pada Anak-Anak

Setiap jenis gangguan kuku memiliki karakteristik sendiri dan hal ini tentu memudahkan kita untuk mengidentifikasinya.

Pit pada Kuku

Hal ini terjadi terutama karena beberapa kelainan pada pembentukan lempeng kuku pada matriks kuku. Pitting kuku dapat mempengaruhi semua kuku maupun hanya salah satu dari jari kuku.

Pitting pada kuku ini ditandai dengan depresi kecil di permukaan kuku seperti berlubang-lubang atau penyok. Hal ini juga dapat disebabkan karena berbagai penyakit kulit seperti psoriasis, eksim atau karena cedera.

Pada pitting yang disebabkan oleh psoriasis, maka sejumlah perubahan yang diamati dalam penampilan kukuseperti perubahan warna pada lempeng kuku, satu atau lebih baris pada permukaan kuku, peningkatan ketebalan kulit yang terletak di bawah kuku yang terkena dan kemudian kuku cenderung rusak.

Garis Beau

Garis Beau dapat digambarkan sebagai garis pada lempeng kuku melintasi kuku secara horizontal. Garis Beau terbentuk sebagai hasil dari gangguan dalam proses pembelahan sel dalam matriks kuku. Hal ini dapat disebabkan karena adanya infeksi pada kuku, penyakit kulit atau penyakit yang mendasarinya seperti diabetes.

Kemungkinan penyebab lain dari garis beau pada anak seperti kekurangan gizi, rendahnya tingkat kalsium dalam darah, sumbatan pada pembuluh darah, efek samping dari beberapa obat atau semacam cedera dalam kuku.

Koilonikia

Gangguan ini juga dikenal sebagai kuku sendok (rata di tengah dan pada tepi bergerak ke atas) dan kuku cekung.
Penyebab utama dari masalah ini adalah kekurangan zat besi pada anak-anak.

Pengaruh cedera dan terlalu sering menggunakan minyak dan sabun oleh anak-anak dapat menyebabkan Koilonikia terjadi.

Kondisi kesehatan yang mendasarinya lainnya seperti penyakit ginjal, disfungsi tiroid dan kondisi muskuloskeletal juga dapat bertanggung jawab untuk Koilonikia.

Leukonikia

Leukonikia adalah istilah medis yang digunakan untuk menggambarkan masalah perubahan warna kuku seperti munculnya bintik-bintik putih pada permukaan kuku.

Penyebabnya karena adanya cedera pada pangkal kuku ataupun karena kekurangan zinc atau karena penyakit sirosis.

Masalah kuku lainnya

Kuku rapuh adalah kondisi cukup umum pada anak-anak kecil. Hal ini terjadi terutama pada ibu jari kuku. Kebiasaan seperti mengisap jempol dan menggigit kuku dapat menyebabkan hal ini bisa terjadi.

Ada berbagai jenis pengobatan untuk masalah kuku pada anak-anak. Oleh karena itu, segera setelah mendeteksi gangguan apapun dalam kuku anak-anak, anda harus berkonsultasi dengan dokter kulit mengenai hal ini.