Penyebab Kuku Mengelupas dan Cara Mengatasinya

Penyebab Kuku Mengelupas dan Cara MengatasinyaPengelupasan kuku atau dalam istilah medisnya onychoschizia adalah kondisi kuku yang disebabkan oleh berbagai faktor baik karena pengaruh nutrisi, infeksi jamur, genetika maupun karena faktor lingkungan.

Pengelupasan kuku ini lebih umum dialami oleh wanita dari pada kaum pria. Dan kondisi ini biasanya muncul ketika kuku kehilangan kelembaban dan sangat kering.

Pada kuku yang sering basah atau dalam kondisi yang sangat kering menyebabkan kuku menjadi lemah, rapuh, tipis dan mengelupas. Selain itu, cat kuku yang mengandung penghilang aseton dapat melemahkan kuku dan menyebabkan kuku pecah-pecah.

Penting untuk dicatat bahwa dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, kekurangan gizi (kadar rendah zat besi, vitamin C, vitamin B, dll) dapat menyebabkan pengelupasan kuku. Dan untuk hal ini bisa diatasi melalui diet seimbang agar kuku menjadi lebih kuat dan tidak mudah terkelupas.

Pada kondisi lain dari pengelupasan kuku dapat disebabkan oleh penyakit autoimun kronis, kondisi kulit dan infeksi. Beberapa penyebab diatas tidak hanya membuat kuku terkelupas tetapi juga membuat lapisan kuku menjadi tipis dan lemah.

Dan pada beberapa wanita menopause juga mengalami pengelupasan kuku sebagai akibat dari gangguan hormonal. Ketidakseimbangan hormon, diabetes dan atau gangguan tiroid serta kehilangan kelembaban kuku juga merupakan faktor yang menyebabkan hal tersebut bisa terjadi.

Cara mengatasi kuku mengelupas

Cara mengatasi kuku mengelupas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu mencegah kuku dari paparan air yang berlebihan.

Tapi jika harus berurusan dengan air karena faktor rutinitas harian anda maka anda bisa menggunakan sarung tangan karet ataupun melumasi kuku anda dengan alpha hydroxy acids dan atau lotion berbasis lanolin.

Menjaga kebersihan kuku dan merapikan kuku anda setiap harinya. Tapi jika kuku anda terlanjur lemah, rapuh dan atau mengelupas maka untuk sementara waktu hindari melakukan manikur sampai kuku sehat dan kuat kembali.

Cara lain untuk mengatasi kuku yang terlanjur mengelupas dengan meningkatkan konsumsi makanan yang kaya biotin. Atau cobalah perbanyak konsumsi makanan seperti lentil, kacang-kacangan dan kembang kol atau mengkonsumsi suplemen biotin 2,5 miligram setiap harinya hingga kuku anda benar-benar terbebas dari pengelupasan.

Diet sehat lainnya seperti diet seimbang yang terdiri dari lemak ikan, daging tanpa lemak, kacang-kacangan, makanan yang kaya zat besi, yodium, kalsium dan vitamin (Vitamin A, B dan C ) dapat memperbaiki kondisi kuku yang terlajur mengelupas.

Dan bentuk perawatan langsung pada permukaan kuku seperti menerapkan minyak vitamin E dan ataupun minyak jojoba pada kuku mengelupas dan rapuh.