Penyebab Gatal atau Kemerahan Pada Vagina

Penyebab Gatal atau Kemerahan Pada VaginaGangguan berupa rasa gatal, kemerahan atau iritasi pada vagina merupakan alasan yang paling umum wanita mengunjungi ahli ginekolog.

Terkadang pula rasa gatal ini disertai dengan sensasi terbakar yang menyakitkan, kemerahan, nyeri , dan kekeringan didaerah vagina atau vulva.

Meskipun rasa gatal ataupun iritasi bukan suatu kondisi yang mengancam jiwa namun tentu saja hal yang cukup memalukan dan mengganggu kenyamanan pada kita sebagai wanita.

Nah, kira-kira apa penyebabnya pada bagian genital kita mengalami hal seperti diatas?

Pada umumnya rasa gatal ataupun iritasi pada vulva disebabkan oleh infeksi jamur karena dipicu oleh kondisi medis lainnya.

Untuk mengetahui lebih jelasnya apa penyebab munculnya gatal dibagian gental kita, berikut ini adalah kemungkinan penyebabnya.

Kandidiasis (infeksi jamur)
Penyebab umum untuk vagina gatal adalah infeksi jamur yang disebabkan oleh Candida Albicans. Jamur ini tumbuh subur di daerah lembab tubuh seperti vagina. Hal ini pula yang menjadi alasan utama penyebab rasa gatal selama kehamilan.

Perlu pula diketahui bahwa infeksi jamur ini juga hadir ketika kita (wanita) menderita diabetes, mengalami stres, sistem imun yang menurun, pola makan yang buruk, pengaruh pil KB, alkohol, dll.

Gejala infeksi jamur pada vagina umumnya vagina mengalami pembengkakan, nampak kemerahan, rasa gatal ataupun rasa nyeri saat buang air kecil atau saat berhubungan intim.

Vaginosis bakteri

Vaginosis bakteri adalah kondisi vagina yang terinfeksi bakteri, dan umumnya terjadi pada saat kita memasuki masa usia subur ataupun sebelum haid datang. Hal ini terjadi karena adanya perubahan pH genital kita sehingga adanya pertumbuhan bakteri parasit ini dalam vagina kita.

Gejala infeksi bakteri ini pada tahap awal seringkali tidak mengalami gejala, nanti setelah tahap selanjutnya barulah ada gejala yang kita rasakan atau kita lihat seperti keputihan dengan aroma sangat berbau, terutama setelah baru saja melakukan hubungan intim.

Trichomoniasis

Trichomoniasis adalah salah satu penyakit menular seksual yang terjadi akibat infestasi parasit pada saluran urogenital oleh parasit protozoa sel tunggal yang disebut trichomonas.

Kondisi trichomoniasis ini lebih sering terjadi pada perempuan muda yang aktif secara seksual.

Gejala khas trichomoniasis termasuk gatal terutama feminin, sensasi terbakar di daerah vagina, keputihan dengan warna debit kuning kehijauan ataupun berwarna abu-abu keputihan, rasa sakit dan ketidaknyamanan selama hubungan intim, munculnya aroma taksedap pada vagina dan rasa nyeri saat buang air kecil.

Chlamydia

Infeksi chlamydia ini dapat menyebabkan gatal-gatal setelah haid berlalu. Bakteri yang disebut Chlamydia trachomatis ini seringkali menginfeksi bagian serviks dan perlahan-lahan menyebar ke daerah sekitarnya.

Chlamydia ini termasuk dari salah satu jenis penyakit menular seksual dan bisa dialami oleh kedua pasangan (pria dan wanita).

Gejala Infeksi chlamydia dapat menyebabkan keputihan yang berbau abnormal, nyeri dan sensasi terbakar atau gatal saat buang air kecil atau saat berhubungan seksual.

Bahaya dari infeksi chlamydia yang tidak diobati dapat menyebabkan kehamilan ektopik dan infertilitas pada wanita.

Gonore

Gonore juga disebabkan olehsalah satu jenis bakteri, namanya adalah bakteri bakteri bakteri Neisseria gonorrhoeae .
Gonore ini bisa mempengaruhi kaum pria maupun wanita namun umumnya sering ditemukan pada wanita muda yang masih aktif secara seksual.
Selain rasa gatal dan kemerahan pada vagina, ada berbagai gejala gonore lainnya seperti keputihan, sering buang air kecil dan vagina membengkak.

Pada wanita yang terinfeksi bakteri Neisseria gonorrhoeae yang tidak tidak diobati tepat pada waktunya dapat menyebabkan infeksi panggul berat dengan peradangan pada saluran tuba dan ovarium yang bisa mempengaruhi tingkat kesuburan pada wanita.

Genital Herpes

Genital Herpes adalah salah satu penyebab rasa gatal pada vagina. Genital herpes ini isebabkan oleh virus herpes simplex. Dan virus ini menginfeksi pada bagian serviks dan daerah sekitarnya.

Gejalagenital herpes seperti adanya lepuhan menyakitkan atau luka terbuka di daerah kelamin, serta rasa gatal ataupun rasa terbakar di kaki, pantat atau area genital kita.

Selain beberapa penyebab diatas, rasa gatal pada vagina juga bisa disebabkan oleh karena pengaruh memakai celana dalam ketat ataupun basah.

Jadi untuk mengetahui apa penyebab rasa gatal divagina kita perlu dilakukan diagnosa dengan memperhatikan beberapa gejala lainnya yang timbul.