Gejala Myositis pada Otot Lengan

Gejala Myositis pada Otot LenganMyositis adalah salah satu gangguan otot berupa peradangan atau pembengkakan jaringan ikat otot. Dan dalam dunia medis, myositis sebenarnya lebih dikenal dengan miopati inflamasi yang meliputi sejumlah penyakit otot seperti dermatmiositis, polymyositis dan myositis inklusi tubuh.

Perlu diketahui bahwa Myositis ini bisa terjadi pada siapa saja dan tidak mengenal batasan usia ataupun jenis kelamin. Jadi peradangan atau pembengkakan jaringan ikat otot ini juga bisa terjadi pada diri anda.

Penyebab pasti myositis ini belum begitu begitu jelas dan pasti, namun para ahli medis meyakini bahwa gangguan otot ini disebabkan karena melemahnya sistem kekebalan tubuh.

Seperti kita ketahui pula bahwa terkadang sel-sel darah putih dan antibodi dalam tubuh kita , bukannya melindungi kita tetapi justru menyerang otot-otot kita. Serangan ini mungkin terjadi ketika otot kita mengalami cedera tertentu, infeksi bakteri, virus atau karena mengkonsumsi obat-obatan tertentu .

Tempat paling umum mengalami Myositis ini seperti pada bagian otot-otot bahu, paha, leher pinggul dan otot lengan atas dengan rasa nyeri yang timbulkannya.

Gejala-gejala myositis tidak muncul secara tiba-tiba, tetapi cenderung muncul secara perlahan-lahan. Dan gejala ini mungkin saja tidak harus selalu sama antara pasien satu dengan pasien yang lainnya.

Gejala myositis yang paling khas adalah melemahnya otot yang terserang sehingga membuat otot-otot terasa sakit apalagi saat digerakkan ataupun saat melakukan kegiatan sehari-hari seperti naik tangga, berdiri dari posisi duduk dan mengangkat tangan di atas bahu.

Peradangan atau pembengkakan otot yang terkait dengan myositis dapat mempengaruhi otot-otot jantung yang jika tidak segera mendapatkan perawatan akan menyebabkan gagal jantung.

Kadang-kadang kelemahan otot-otot ini juga dapat mempengaruhi paru-paru yang pada gilirannya dapat menyebabkan kesulitan bernafas dan batuk. Dan pada beberapa kasus myositis menyebabkan penderitanya kesulitan saat menelan makanan (jika myositis mempengaruhi bagian atas kerongkongan).

Kram perut dan adanya darah dalam tinja adalah gejala lain dari peradangan otot. Dan hal ini terjadi ketika myositis menyebabkan terjadinya perdarahan ulkus di lambung dan usus.

Beberapa gejala yang kurang serius myositis adalah penurunan berat badan, rasa sakit dan kekakuan otot, demam, iritasi, kehilangan suara, suara sengau, dll.