Penyebab Nyeri Leher Sebelah Kiri

Penyebab Nyeri Leher Sebelah  KiriApakah anda sering merasakan nyeri pada sisi kiri leher anda? Jika benar demikian, cobalah periksakan kondisi kesehatan anda secara menyeluruh mengingat nyeri leher pada sisi kiri juga biasanya karena adanya kondisi medis yang lebih serius.

Seperti kita ketahui pula bahwa leher atau tulang belakang leher terdiri dari tujuh tulang kecil yang dimulai pada tubuh bagian atas dan berakhir di bawah tengkorak yang memungkinkan kita bisa menggerakkan kepala ke berbagai arah.

Nyeri leher disisi kiri ini dapat disebabkan oleh gangguan medis maupun karena penyebab umum lainnya seperti yang dapat kita lihat dibawah ini:

Penyebab Umum Dari Nyeri Leher Sebelah Kiri

• Cedera Leher

Cedera leher dapat disebabkan oleh sejumlah faktor, termasuk ketegangan pada leher, trauma yang disebabkan oleh kecelakaan, menggerakan leher yang berlebihan atau secara tiba-tiba.

Gejala cedera leher umum lainnya termasuk kekakuan pada otot, rasa sakit yang memancar mungkin terbatas pada sisi kiri atau menjalar hingga ke bahu dan ataupun keleher kanan.

• Cedera hiperekstensi dan cedera hiperfleksi

Cedera hiperekstensi dan cedera hiperfleksi ini umumnya disebabkan oleh percepatan dan gaya perlambatan ketika ada benturan dari arah belakang saat berkendaraan sehingga kepala tergerak secara keras dan tiba-tiba kebelakang atau kedepan sehingga menyebabkan cedera leher.

Cedera leher ini menyebabkan kekakuan dan nyeri leher pada sisi kiri dan kanan di ikuti dengan dengan sakit kepala, kelelahan, nyeri bahu, sakit pada lengan, pusing dan nyeri punggung yang berlebihan.

• Saraf terjepit

Saraf terjepit ini dalam dunia medis lebih dikenal dengan istilah serviks radiculopathy. Saraf terjepit di sisi kiri leher disebabkan oleh cedera pada akar saraf tulang belakang.

Tekanan langsung atau kompresi yang berlebihan pada saraf yang menyebabkan kondisi seperti gangguan pada bantalan antara tulang belakang, stenosis tulang belakang sehingga dapat menyebabkan saraf terjepit.

Saraf terjepit ini dapat menyebabkan rasa sakit di leher dapat menjalar disepanjang bahu kiri dan lengan kiri yang disertai dengan lemah dan mati rasa di leher.

• Herniated disc

Disc hernia adalah tonjolan keluar dari cakram yang melapisi antar tulang-tulang di sumsum tulang belakang yang lunak.

Fungsi dari cakram ini sebenarnya untuk peredam kejut pada tulang belakang. Dan ketika serat luar yang keras dari cakram ini rusak karena alasan seperti mengangkat beban terlalu berat atau trauma pada leher, hal itu menyebabkan cakram menonjol keluar (cakram herniated).

Kondisi ini dapat menyebabkan leher sebelah kiri terasa nyeri dan sakit yang berlebihan, kesemutan hingga mati rasa.

• Gangguan Degeneratif

Karena faktor usia, otot leher dan persendian banyak mengalami keausan yang pada gilirannya menyebabkan gangguan degeneratif seperti nyeri leher.

Osteoarthritis Serviks

Osteoarthritis serviks yang juga dikenal sebagai cervical spondylosis adalah gangguan umum pada sendi leher yang menyebabkan kerusakan tulang, sendi dan tulang rawan yang aus karena faktor penuaan. Tubuh bereaksi dengan membentuk tulang baru juga dikenal sebagai osteofit.

Osteofit (tulang taji) ini akan mempersempit pembukaan kolom tulang belakang ataupun menonjol keluar dari saraf tulang belakang sehingga berdampak pada sendi gerak serta menyebabkan rasa sakit yang berlebihan. Gejala lain dari Osteoarthritis Serviks adalah sakit kepala, ketidakmampuan atau rasa sakit ketika hendak menoleh kekiri atau kekanan.

Kondisi Medis Nyeri Leher Sebelah Kiri

• Fibromyalgia

Fibromyalgia adalah gangguan medis yang ditandai dengan rasa sakit dan nyeri pada otot, jaringan, sendi dan tendon. Gangguan ini dapat menyebabkan leher kronis dan sakit punggung bersama dengan gangguan depresi, kelelahan dan gangguan tidur.

• Diffuse Idiopathic Skeletal Hyperostosis

Diffuse Idiopathic Skeletal Hyperostosis (DISH) merupakan sindrom yang berhubungan dengan kalsifikasi abnormal pada ligamen dan tendon di sepanjang tulang belakang leher, sehingga menyebabkan kekakuan dan pengerasan jaringan. Gangguan ini bisa mempengaruhi beberapa daerah tulang belakang sehingga menyebabkan pembengkakan, kehilangan mobilitas dan rasa sakit di daerah leher.

Penyebab medis lainnya

Penyebab medis lainnya nyeri leher di sisi kiri juga bisa karena adanya tumor sumsum tulang belakang, kanker kepala dan leher, serangan jantung, carotidynia (sindrom gangguan pembuluh darah), radang selaput, pembengkakan pada kelenjar getah bening dan abses dalam jaringan tenggorokan.