Gejala Herpes Zoster

Mungkin anda pernah mendengar atau bahkan mengalami penyakit herpes zoster ini namun anda mengira bahwa hal itu adalah penyakit cacar.

Ya, herpes zoster dan penyakit cacar air merupakan penyakit yang sama-sama disebabkan karena infeksi virus varicella hanya saja untuk herpes zoster merupakan kondisi yang disebabkan oleh pematangan virus penyebab cacar yang kemudian mengaktivasi diri menjadi virus varicella zoster (penyebab herpes zoster).

Sebelum berubah menjadi virus varicella zoster, virus varicella ini sebenarnya sudah lama mengendap dalam tubuh ketika seseorang pernah menderita cacar air.

Dan ketika seseorang merasa telah sembuh dari cacar air tapi virus penyebabnya tidak semuanya dapat hilang dari dalam tubuh tetapi virus ini berdiam diri di ganglion saraf sensorik dan cabang saraf perifer.

Setelah bertahun-tahun lamanya mengendap diganglion, ada masanya virus ini kembali aktif untuk menginfeksi tubuh khususnya pada bagian saraf.

Aktivasi virus ini biasanya dipicu oleh pengaruh melemahnya imun tubuh dan itulah sebabnya mengapa penyakit herpes zoster seringkali ditemukan pada orang yang lanjut usia atau orang yang memiliki masalah kondisi kesehatan lainnya.

Untuk gejala penyakit herpes zoster ini ditandai dengan munculnya ruam kemerahan pada kulit yang ikuti oleh kemunculan lenting-lenting yang berisi cairan.

Lenting kulit yang berisi cairan pada herpes zoster biasanya muncul di bagian dada, perut, tubuh bagian belakang tetapi dapat muncul di manapun pada tubuh penderitanya.

Sebelum ruam kulit muncul, seseorang mungkin akan mengalami demam dua atau tiga hari sebelum munculnya ruam.

Gejala lainnya adalah rasa gatal dan nyeri pada wilayah kulit yang terinfeksi namun seseorang mungkin akan merasakan rasa nyeri (sakit) yang lebih dominan dari rasa gatal yang ditimbulkannya.