Gejala dan Penyebab Tetanus

Gejala dan Penyebab TetanusTetanus merupakan penyakit yang disebabkan oleh Bakteri Clostridium tetani dimana penderitanya mengalami gangguan pada sistem saraf.

Gangguan yang disebabkan oleh bakteri Clostridium tetani juga dapat mempengaruhi sistem pernafasan sehingga individu yang positif terinfeksi kesulitan untuk bernafas.

Perlu diketahui bahwa Bakteri Clostridium tetani banyak ditemukan pada tinja hewan, tanah dan tempat kotor lainnya.

Cara transmisi bakteri penyebab tetanus ini umumnya masuk melalui luka. Perkembangbiakan bakteri dalam luka dengan membentuk spora. Nah spora inilah yang kemudian menghasilkan tetanospasmin (racun yang cukup membahayakan).

Tetanospasmin dari spora Clostridium tetani ini kemudian secara aktif mengganggu neuron motorik (saraf yang mengendalikan otot-otot) sehingga mereka yang telah terinfeksi bakteri ini merasakan kaku pada otot-otot mereka bahkan seringkali menyebabkan tubuh pasien kejang-kejang.

Gejala tetanus ini dapat hadir kapan saja sejak individu terinfeksi bakteri penyebab tetanus tersebut. Dan masa inkubasi bakteri ini rata-rata sau minggu setelah terpapar.

Penyakit tetanus ini tergolong penyakit yang cukup mematikan sementara obat khusus tetanus hingga saat ini belum ditemukan. Untungnya saat ini sudah tersedia vaksin untuk tetanus yang bisa mencegah seseoang menderita tetanus.

Tapi bagi mereka yang belum mendapatkan vaksin tetanus tentu saja berada pada resiko tertinggi mengembangkan penyakit tetanus. Nah bagi anda yang belum mendapatkan vaksin tetanus maka sebaiknya untuk segera mendapatkannya.

Beberapa gejala tetanus umum yang perlu anda perhatikan adalah:

– Kejang dan kekakuan pada otot rahang Anda
– Otot leher yang kaku
– Kkesulitan menelan
– Otot perut terasa kaku
– Kejang tubuh yang menyakitkan yang berlangsung selama beberapa menit , biasanya dipicu oleh kejadian kecil, seperti suara keras , sentuhan fisik atau cahaya.

Gejala tetanus yang kurang umum lainnya mungkin termasuk:

– Demam
– Berkeringat
– Tekanan darah tinggi
– Denyut jantung terlalu cepat

Demikianlah gambaran singkat mengenai beberapa gejala tetanus diatas dan apa penyebabnya, semoga menjadi bahan bacaan yang menarik buat anda.