Apa itu Penyakit Meningitis ?

Apa itu Penyakit MeningitisMeningitis yaitu suatu kondisi medis yang disebabkan karena adanya peradangan pada selaput yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang.

Peradangan pada selaput (mengine) ini menyebabkan pembengkakan yang ditandai dengan beberapa ciri dan gejala spesifik dan beberapa gejala umum lainnya.

Peradangan pada selaput disekitar otak dan sumsum tulang belakang ini bisa disebabkan karena terinfeksi virus, bakteri dan juga jamur.

Penyakit meningitis ini sendiri dapat diderita oleh siapa saja termasuk pada anak-anak. Kondisi penderita yang terinfeksi tergantung dari penyebab infeksi.

Terkadang infeksi yang menyebabkan meningitis dapat sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari kedepannya meskipun tidak mendapatkan perawatan khusus.

Namun pada sebahagian kasus, penyakit meningitis dapat menyebabkan kondisi yang bisa membahayakan penderitanya dan sangat membutuhkan perawatan khusus seperti pemberian obat antibiotik sesegera mungkin sebelum terlambat.

Jadi jika anda menduga bahwa anda atau salah seseorang dalam keluarga anda sedang menderita meningitis, alangkah lebih baik jika anda mencari perawatan medis segera mungkin.

Lalu untuk mengetahui anda atau salah satu dalam anggota keluarga anda menderita meningitis, ada beberapa gejala yang bisa menjadi pertanda bahwa hal itu adalah gejala meningitis.

Gejala meningitis seperti demam tinggi, sakit kepala persisten, leher terasa kaku dan nyeri, hilangnya nafsu makan dan lain sebagainya.

Tapi perlu diketahui pula bahwa gejala meningitis tidak selamanya selalu hadir sehingga terkadang hal ini cukup menyulitkan untuk mendeteksi secara dini hadirnya meningitis ini pada tubuh kita.