Asal Mula Penyebab MERS

Asal Mula Penyebab MERSPenyebab penyakit MERS (Middle East Respiratory Syndrome) atau sindrom pernafasan timur tengah adalah salah satu anggota keluarga dari Virus Korona yang juga penyebab SARS yang pernah ditemukan pertama kalinya di China yang kemudian menyebar ke beberapa penjuru dunia hanya dalam waktu yang singkat.

Penyebaran Virus Korona – MERS diduga kuat memiliki keterkaitan antara kontak langsung atau tidak langsung dengan unta sebagai transmisi virus ke manusia, meskipun hal ini masih perlu pendalaman yang lebih serius lagi untuk pembuktian secara ilmiah.

Seiring perkembangan wabah Virus Korona MERS sejak pertama kalinya ditemukan menginfeksi manusia di Arab Saudi 2012 silam. Transmisi virus ini tiak lagi harus melalui kontak dengan hewan unta tetapi juga bisa menyebar melalui kontak langsung antara individu yang terinfeksi dengan individu sehat lainnya.

Beberapa media terpercaya memberitakan bahwa peningkatan jumlah infeksi telah terjadi di antara petugas kesehatan di layanan kesehatan yang menunjukkan pentingnya mengikuti praktek pengendalian infeksi yang ketat. Dan hal ini pula menjadi dugaan kuat bahwa penyebaran Virus Korona MERS dapat menyebar dari orang ke orang.

Masih dalam laporan media bahwa ratusan orang diketemukan terinfeksi Virus Korona MERS dan setengah dari mereka meninggal dunia hanya selang beberapa hari setelah terinfeksi.

Gejala infeksi Virus Korona-MERS pada individu yang terinfeksi MERS seperti batuk, demam, sesak napas, radang paru-paru dan gagal ginjal.

Sebenarnya penyakit MERS ini tidak begitu mematikan jika saja obat dan vaksinya sudah ditemukan. Namun hingga detik ini para peneliti masih terus berupaya keras untuk mendalami kasus MERS dalam rangka menghentikan wabah virus dan mencari obat dan vaksin khusus untuk mematikan Virus Korona-MERS.