Apa itu Penyakit MERS-COV ?

Apa itu Penyakit MERS-COVApa itu MERS-COV?

MERS – COV adalah infeksi virus corona terbaru yang terjadi diasia tengah dan penyakit ini ditandai dengan serangan virus corona yang menyerang bagian saluran pernafasan manusia.

Kata MERS-COV merupakan singkatan dari Middle East Respiratory Syndrome. Sebetulnya Virus corona ini merupakan bagian dari kelompok virus yang biasa menyebabkan flu pada manusia dan beberapa jenis penyakit pada hewan.

Namun infeksi virus corona yang menghebohkan akhir-akhir ini di Asia Tengah adalah infeksi virus corona terbaru yang sebelumnya tidak pernah ditemukan pada manusia.

Meskipun infeksi virus corona di asia tengah jarang terjadi namun termasuk infeksi virus yang cukup serius mengingat penularan virus ini cukup cepat dan tidak harus bersentuhan langsung dengan penderita. Dan bisa menjangkiti tubuh individu sehat lainnya hanya melalui pernafasan atau udara, apalagi jika seseorang mengalami kontak fisik ataupun pakaian penderita.

Gejala penyakit MERS-COV

Gejala penyakit MERS-COV yang akut dapat dikenali dengan hadirnya beberapa kondisi tubuh seperti demam yang tinggi, batuk-batuk, sesak nafas (kesulitan saat menarik nafas).

Berdasarkan pengalaman klinis saat ini, infeksi yang terjadi biasanya muncul dengan peradangan dan infeksi pada paru-paru (pneumonia). Peradangan ini juga bisa menyebabkan gagal ginjal dan kematian pada penderitanya.

Penyakit MERS-COV ini merupakan infeksi virus corona terbaru dan hingga saat ini sudah menelan puluhan korban jiwa. Jadi, untuk mencegah penyebaran virus ini maka diharapkan untuk selalu menjaga kesehatan diri pribadi dengan memperkuat sistem imun tubuh.
Hindari tempat keramaian dengan tidak menggunakan masker atau setidaknya dengan menunda kunjungan pada daerah wabah khususnya disekitar wilayah Timur Tengah termasuk Arab Saudi.