6 Cara Induksi Alami untuk Memudahkan Proses Persalinan

Cara Memudahkan Persalinan Induksi dalam persalinan adalah cara untuk mencoba dan merangsang dan memudahkan persalinan. Induksi ini untuk mengumpan bayi agar lahir pada tepat waktu atau bahkan mungkin untuk mempercepat kelahiran lebih awal dari seharusnya.

Cara induksi persalinan pada setiap orang tidak selalu sama. Beberapa orang mungkin menemukan metode yang lebih efektif. Namun tidak semua metode memiliki tingkat keberhasilan 100%. Hal ini tergantung dari tingkat kematangan janin dalam kandungan.

Beberapa poin penting yang harus dicatat sebelum mencoba metode induksi alami pada persalinan adalah sebagai berikut:

1. Mendapatkan kejelasan
Sangat penting untuk memiliki dan mengetahui semua kejelasan dari perawat kesehatan anda, terutama jika Anda memiliki kondisi medis yang sudah ada.

2. Pastikan terapis yang memenuhi syarat atau yang telah berpengalaman
Sebelum menyerahkan sepenuhnya pada ahli terapi anda, sangat penting untuk memastikan bahwa tenaga terapi anda harus memenuhi syarat dan ilmu pengetahuan dalam hal kehamilan dan aspek metode induksi yang akan dia terapkan pada anda.

Jika mereka tidak memiliki pelatihan atau pengetahuan tentang kehamilan dan kelahiran, tentu hal ini sangat berbahaya bagi keselamatan anda dan bayi anda sendiri.

3. Pemberitahuan pada anda
Memberitahukan pada anda tentang informasi detail dari setiap metode yang mungkin diterapkan pada anda baik itu metode yang cocok maupun yang tidak cocok untuk anda.

4. Ingat bahwa setiap bentuk induksi adalah induksi
Setelah anda menstimulasi persalinan medis maupun non medis, Stimulasi tersebut besar kemungkinannya berpotensi terjadinya komplikasi.

6 Cara  Induksi Alami untuk Memudahkan Proses Persalinan

1. Berhubungan badan
Berhubungan badan adalah metode yang umum disarankan sebagai metode induksi alami karena air mani mengandung prostaglandin yang membantu untuk mematangkan serviks.

Sebuah studi telah menemukan bahwa berhubungan badan dengan pasangan membuat sedikit perbedaan atas kinerja ransangan pada persalinan. Metode umum lainnya dalam induksi alami alami adalah melakukan orgasme.

Saat seorang wanita mengalami orgasme, dia menghasilkan oksitosin (hormon yang merangsang kontraksi pada rahim sehingga memudahkan dalam proses persalinan.

2. Akupunktur
Akupunktur merupakan metode alami yang telah digunakan sejak ratusan tahun yang lalu untuk menginduksi wanita dalam kehamilan mereka. Induksi dengan menggunakan akupunktur umumnya bekerja dalam waktu 6-48 jam sejak menjalani perawatan.

Penggunaan metode akupuntur dalam induksi kehamilan ini biasanya memiliki tingkat keberhasilan 88%, terutama pada klien yang menerima pengobatan rutin selama kehamilan mereka.

Dengan metode akupuntur ini, ibu hamil biasanya lebih mudah dalam proses persalinan dan mengurangi rasa sakit saat persalinan.

Agar memenuhi syarat untuk induksi akupunktur, anda harus berada pada perkiraan tanggal jatuh tempo, kecuali telah dinyatakan atau direkomendasikan oleh dokter atau bidan.

3. Homeopati
Ada beberapa obat homeopati yang tersedia untuk membantu mendorong percepatan persalinan, namun anda perlu berkonsultasi dengan ahli homeopati yang berkualitas untuk informasi lebih lanjut tentang dosis yang tepat.

4. Stimulasi puting
Stimulasi puting menghasilkan oksitosin dan dapat menghasilkan beberapa efek yang kuat. Anda dapat mencoba merangsang puting susu dengan jari-jari anda, memijatnya satu per satu.

Pijat puting pertama selama 5 menit (jika tidak ada kontraksi), kemudian menunggu untuk melihat apa yang terjadi (sekitar 15 menit atau lebih) sebelum melakukan lagi.

5. Castor Oil (Minyak jarak)
Meskipun minyak jarak (castor oil) dapat menyebabkan diare atau muntah, tapi dapat membantu pada proses persalinan.

Seringkali pada awal persalinan, anda akan mengalami diare. Ini merupakan salah satu cara tubuh membersihkan dan membuat ruang untuk bayi, tapi kadang-kadang hal ini tidak terjadi, terutama jika bayi belum siap dan atau sebagai sinyal untuk memulainya proses persalinan.

6. Pijat Induksi
Seperti induksi akupunktur, pijat induksi dapat diberikan pada atau setelah tanggal jatuh tempo.

Terapi pijat (yang harus dilakukan oleh tenaga berpengalaman dalam pijat induksi) bekerja pada titik-titik akupresur yang biasanya dihindari selama kehamilan yang dapat memicu persalinan.

Seperti dengan pijatan biasa, pijat induksi membantu untuk merilekskan dan menenangkan tubuh anda sekaligus meredakan ketegangan. Para terapi juga dapat menggunakan minyak esensial yang dapat membantu dengan induksi persalinan.

Pijat Induksi biasanya sangat sukses dalam induksi persalinan jika tubuh atau bayi sudah siap untuk dilahirkan.

Cara induksi setiap orang tidak selalu sama. Beberapa orang mungkin menemukan metode yang lebih efektif. Namun tidak semua metode memiliki tingkat keberhasilan 100%. Hal ini tergantung dari tingkat kematangan janin dalam kandungan.