Apa itu Diabetes Gestasional?

Apa itu Diabetes GestasionalApa itu diabetes gestasional?
Diabetes gestasional adalah jenis diabetes yang dialami oleh beberapa wanita selama kehamilan mereka. Bahkan saat ini sekitar 2 hingga 10 persen dari ibu hamil mengembangkan diabetes gestasional sehingga Diabetes gestasional ini menjadi salah satu masalah kesehatan yang paling umum dari kehamilan.

Diabetes sendiri adalah kondisi kadar gula dalam darah sangat tinggi (abnormal) dan penyebabnya dapat disebabkan oleh berbagai faktor.

Ketika sistem pencernaan kita rusak maka sebagian besar makanan yang mengandung gula ( glukosa) memasuki aliran darah dan kemudian, dengan bantuan insulin (hormon yang dibuat oleh pankreas), sel-sel tubuh menggunakan glukosa sebagai bahan bakar.

Namun, jika tubuh tidak memproduksi cukup insulin atau sel-sel tubuh memiliki masalah saat merespon insulin atau karena kelebihan asupan gula maka glukosa tersebut akan mengalir bebas dalam darah tanpa diubah menjadi energi.

Tapi pada kondisi diabetes saat sedang hamil, perubahan hormonal bisa membuat sel-sel tubuh kurang respon terhadap insulin.

Untuk sebahagian ibu hamil hal tersebut diatas bukan masalah manakala tubuh membutuhkan insulin tambahan, pankreas akan mengeluarkan lebih banyak insulin lagi. Tetapi jika pankreas tidak bisa memenuhi permintaan peningkatan insulin selama kehamilan, kadar glukosa darah akan naik terlalu tinggi sehingga menyebabkan kondisi yang dikenal dengan diabetes gestational.

Kebanyakan wanita dengan diabetes gestational akan pulih setelah bayi lahir namun mereka akan berada pada risiko tinggi untuk mendapatkan diabetes gestational lagi jika mereka hamil lagi di kemudian hari.

Bagaimana saya tahu jika saya mengalami diabetes gestational?

Diabetes gestational biasanya tidak memiliki gejala. Itulah sebabnya hampir semua wanita hamil mengalami tes skrining glukosa antara 24 dan 28 minggu usia kehamilan mereka.

Namun, jika mereka yang berisiko tinggi seperti menderita obesitas, pernah menderita diabetes gestasional pada kehamilan sebelumnya, terdapat gula dalam urin ataupun memiliki riwayat keluarga yang diabetes.

Dan untuk lebih amannya dalam menjalani kehamilan, alangkah baiknya jika kita sering mengontrol kesehatan kita pada ahli medis atau dokter kandungan yang terpercaya disekitar kita.