Cara Menghambat Hadirnya Menopause Lebih Dini


Menghambat MenopauseCara menghambat hadirnya menopause lebih dini dari yang seharusnya tergantung dari pilihan makanan dan gaya hidup sehat yang kita terapkan secara dini pula. Demikian pula sebaliknya, menopause bisa hadir lebih cepat jika kita kurang memperhatikan jenis makanan yang kita masukkan kedalam lambung kita.

Tapi sebelum membahas bagaimana menghambat hadirnya menopause ini, mungkin ada baiknya jika kita menyinggung tentang hal-hal yang menyangkut menopause ini.
Pengertian menopause sendiri menurut medis adalah kondisi terhentinya produksi sel telur pada wanita yang diikuti dengan terhentinya pula seseorang mengalami haid apalagi untuk bisa hamil.

Pada kejadian menopause ini dapat mempengaruhi beberapa kondisi tubuh sebagai seperti insomnia, penurunan berat badan, emosi, perubahan suasana hati, depresi, selalu kelelahan bahkan wanita bisa merasakan nyeri pada otot dan sendi serta menurunnya gairah untuk berhubungan badan.

Meskipun menopause adalah hal yang wajar-wajar saja namun jika hadirnya lebih cepat tentunya hal ini menjadi keprihatinan para wanita juga. Nah untuk itulah pentingnya memanajemen kesehatan kita sebelum menopause ini benar-benar anda alami, yaitu dengan menerapkan gaya hidup.

Cara menghambat menopause ini agar tidak hadirnya bisa lebih awal dari yang seharusnya dapat kita lihat beberapa saran medis dibawah ini seperti:

• Mempertahankan berat badan yang sehat
• Hindari lemak jenuh dan membatasi total asupan lemak akan mengurangi 30 persen dari total kalori kita .
• Diet tinggi serat meningkatkan konsumsi biji-bijian dan sayuran berdaun hijau .
• Sertakan 1000-1500 miligram kalsium dalam diet kita setiap hari seperti pada beberapa sumber kalsium yang baik seperti susu rendah lemak dan produk susu, kedelai , tahu, bayam, sarden, salmon dan sereal.
• Membatasi untuk mengkonsumsi makanan pedas-pedas, makanan yang mengandung gula yang tinggi, garam, kafein dan alkohol .
• Jaga jadwal tidur yang teratur . Pergi tidur dan bangun pada waktu yang sama hari , bahkan pada hari libur . Jam tidur tidak teratur berkontribusi terhadap insomnia.
• Berolah raga secara rutin seperti berjalan santai, jogging, yoga selama 30 sampai 45 menit setiap hari.

Dengan melihat beberapa saran diatas tentunya untuk menghambat hadirnya menopause agar datangnya tidak terlalu dini bukan perkara yang susah bukan? Hanya saja cara diatas sangat membutuhkan keseriusan dan kemauan yang kuat, Selamat Mencoba.

Sebarkan Artikel Ini

Leave a Reply

© 2014 DuniaMedis.net. Hak cipta dilindungi UU. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
IBN Network. Reg No: 245//2012/BRT.